Cara melakukan start yang baik, pada motor Matic Bore Up
Posisikan
stang kemudi dan tempat duduk joki sesuai dengan permintaan pembawa
motor, agar posisi duduk joki nyaman dan aerodinamis. Perhatikan lampu
start dengan seksama, agar kita tidak dianggap melakukan mencuri start.
Ada 2 tambahan lagi yang perlu diperhatikan untuk joki motor Drag matic bore-up, yaitu:
1. Posisikan kaki kanan ke arah belakang dan kaki kiri tetap pada tempat pijakan kaki depan. Hal ini dimaksudkan untuk mengimbangi berat mesin dan CVT yang posisinya ada di kiri
2. Jangan memelintir throttle gas secara penuh pada saat mulai start, ini dikarenakan tenaga motor drag bore-up yang besar dapat meliarkan motor pada saat start. Pelintir throttle gas dengan seperempat putaran terlebih dahulu, jika motor telah melaju kira-kira 20-25 meter baru melintir throttle gas secara penuh.
Ada 2 tambahan lagi yang perlu diperhatikan untuk joki motor Drag matic bore-up, yaitu:
1. Posisikan kaki kanan ke arah belakang dan kaki kiri tetap pada tempat pijakan kaki depan. Hal ini dimaksudkan untuk mengimbangi berat mesin dan CVT yang posisinya ada di kiri
2. Jangan memelintir throttle gas secara penuh pada saat mulai start, ini dikarenakan tenaga motor drag bore-up yang besar dapat meliarkan motor pada saat start. Pelintir throttle gas dengan seperempat putaran terlebih dahulu, jika motor telah melaju kira-kira 20-25 meter baru melintir throttle gas secara penuh.
START
Dengan mesin berspesifikasi kompetisi, tak menutup kemungkinan saat start ban depan akan terangkat. Nah untuk mengantisipasinya, badan rider kudu agak condong ke depan.
Gimana dengan joki DB? Start benar-benar jadi penentu keberhasilan seorang dragster. Tak cukup bermodal nyali gede buat buka gas, joki DB bisa dapat catatan waktu tercepat.
"Konsentrasi mata pada lampu start dan refleks tangan buat tarik gas, sangat dibutuhkan. Khusus saat buka gas, cukup setengah dulu. Kalau start langsung gas pol, ban depan akan terangkat. Akibatnya, waktu bisa berkurang," Eko Chodok, dragster tim TDR.
Saat start putaran mesin mesti stabil
Sebelum ketemu tikungan posisi tunggangan ada disisi luar trek
Posisi start drag race, gantung gas dan mata fokus ke lampu start
Awal melaju, kaki kanan dibawah untuk jaga keseimbangan
Layaknya start di RR, joki DB juga memastikan putaran mesin tetap stabil. Rem belakang pun sedikit difungsikan, agar besutan tak melebihi garis start yang berakibat diskualifikasi.
Saat start, joki DB juga harus jaga keseimbangan. Cara yang paling sering dilakukan untuk menjaga tunggangan tetap balance saat start, dengan tetap memposisikan kaki kanan tak langsung nangkring di footpeg.
"Namun itu hanya beberapa meter selepas start saja atau sampai tunggangan melaju seimbang," ujar Ayib Rosidi, dragster YSS RFT Riftech.
![]() |
|
MELAHAP TIKUNGAN
Dengan trek yang cuma lurus, joki DB tak perlu jago nikung. Sedang buat joki RR, butuh keterampilan khusus agar mulus melibas tikungan. Seperti membiarkan putaran mesin tetap tinggi dan sedikit pakai rem belakang.
"Saat menikung, rem belakang jangan ditarik habis. Pasalnya akan
membuat beban mesin berlebih saat keluar tikungan sembari membuka gas.
Bila itu dilakukan, besutan akan telat melaju," ucap Danu Nomiselas,
joki RR tim Em Push, Jakbar.
Masih kata Danu, pastikan beberapa
meter sebelum ketemu tikungan posisi tunggangan ada di sisi luar trek.
Baru bila dirasa sudah dekat tikungan, ambil sisi bagian dalam trek.
Selain hal-hal tersebut di atas, jam terbang tinggi juga membuat joki
RR dan DB punya skill tinggi buat urusan start juga melahap tikungan.
No comments:
Post a Comment